Top 10 Aplikasi Gempa Android Terbaik 2019

Aplikasi Gempa Android Terbaik. Dalam beberapa kasus gempa, beberapa orang hampir tidak bisa merasakan bahwa gempa bumi sedang terjadi. Sementara dalam kasus lain, gempa adalah peristiwa bencana alam yang mengancam jiwa. Beberapa tempat di dunia terpengaruh oleh bumi, seperti Indonesia sebagai jalur cincin api, tentu gempa bumi adalah hal umum. Lain cerita dengan negara-negara yang yang benar-benar tidak pernah mengalaminya. Bisa dibilang, Indonesia adalah negara dimana gempa bumi sudah biasa terdengar. Dalam hal ini, memiliki aplikasi yang membuatmu mendapatkan informasi terbaru tentang info gempa bumi merupakan ide yang bagus.
Aplikasi Gempa Android

Mana aplikasi gempa terbaik yang bisa digunakan?. Pastinya ada banyak aplikasi siap download yang tersedia di playstore. Di bawah ini adalah 10 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi gempa. Hampir setiap hari aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan banyak info tentang gempa bumi yang akan datang ataupun yang sedang terjadi dengan cara yang berbeda. 

Seperti yang diketahui, Indonesia memang sering terjadi gempa, mulai skala kecil, skala besar hingga yang berdampak tsunami pada beberapa daerah. Aplikasi pendeteksi gempa sangat bermanfaat bagi kamu maupun orang lain sebagai pengguna android. Kamu bisa memanfaatkan smartphone sebagai sarana untuk peringatan dini bencana alam, daripada share berita hoax guys!.

Berikut 10 Aplikasi Gempa Android Terbaik :

1. Earthquake Alert!

Earthquake Alert!

Aplikasi pendeteksi gempa ini adalah salah satu aplikasi gempa terbaik yang dirangcang di playstore, setidaknya dari yang kamu lihat. Aplikasi ini sebagian besar menggabungkan warna hijau dan putih, sekaligus peta yang menunjukkan aktivitas gempa akan melengkapi desain dengan sangat baik.

Aplikasi ini bisa menunjukkan gempa bumi dengan kekuatan 1,0 dari AS dan 4,5+ dari seluruh dunia. Ada berbagai filter yang disertakan di dalam aplikasi pendekteksi gempa ini dan banyak juga fungsi tambahan akan semakin memudahkanmu menggunakannya. 


2. My Earthquake Alerts

My Earthquake Alerts

My Earthquake Alerts adalah aplikasi gempa lain yang dirancang dengan sangat baik dan dilengkapi dengan dukungan pemberitahuan. Ini akan menunjukkan informasi gempa langsung dari seluruh dunia. Selain itu aplikasi pendeteksi gempa ini juga memiliki fitur pencarian yang kuat sejak 1970.

Aplikasi ini sebagian besar menggabungkan warna merah dan putih. Desain aplikasi juga terlihat bersih dan sangat mudah digunakan. Meski iklan pop up selalu menjadi pengalaman yang hampir selalu ada, kemungkinan kamu tidak akan diganggu oleh iklan dalam aplikasi gempa ini. 


3. Earthquake -American Red Cross

Earthquake -American Red Cross

Seperti namanya, aplikasi Earthquake - American Red Cross adalah aplikasi resmi Palang Merah Amerika. Tujuan aplikasi ini yang pertama adalah untuk mempersiapkan sekaligus memperingatkan kamu untuk gempa bumi yang akan datang. 

Kedua, aplikasi pendeteksi gempa android ini bisa memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang apa yang harus dilakukan sebelum, selama dan setelah gempa bumi terjadi meski kamu tidak memiliki akses ke internet. 


4. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes & Earthquakes

Aplikasi Volcanoes & Earthquakes tidak hanya berfokus pada gempa bumi, tetapi juga menyediakan informasi yang sangat berguna tentang gunung berapi. Aplikasi gempa ini akan memberikan info keduanya sekaligus ketika terjadi dan kamu bisa memfilter data yang disediakan aplikasi dengan mudah.

Contohnya, anda bisa memilih hanya gempa bumi dengan magnitudo tertentu, atau jarak dari lokasi kamu dan kamu juga bisa mendapatkan informasi aktivitas gunung berapi tersebut. Versi gratis termasuk iklan, tetapi versi berbayar juga tersedia. 



5. Earthquake Network - Realtime alerts

Earthquake Network - Realtime alerts

Aplikasi ini melakukan pekerjaan besar karena akan membuatmu selalu up to date tentang aktivitas gempa dengan menyediakan lampiran waktu yang nyata. Aplikasi pendeteksi gempa ini bisa melakukan hal tersebut untuk sebagian besar negara di dunia. Bahkan memungkinkan pengguna untuk melaporkan aktivitas gempa.

Menariknya, ruang obrolan untuk bertukar info selama gempa bumi juga tersedia di aplikasi ini. Versi berbayar dari aplikasi ini tersedia dengan banyak fitur tambahan yang akan berguna untukmu guys!



6. Earthquakes Tracker

Earthquakes Tracker

Aplikasi pendeteksi gempa ini mungkin bukan yang terbaik di dalam daftar ini, tetapi aplikasi ini merupakan salah satu yang paling detail. Aplikasi ini memberikan notifikasi peristiwa seismik waktu dekat, kemudian menganalisa aktivitas seismik dan menyediakan dalam format grafik untuk kamu. 

Kamu bisa memilih untuk peringatan terdekat, magnitudo tertentu, dan bahkan memiliki opsi untuk pengumuman suara untuk berbicara parameter kepada pengguna. Sehingga kamu tidak harus membacanya tiap ada gempa terjadi. Versi gratis termasuk iklan, tetapi versi berbayar tidak. 



7. EarthQuake - Alerts & Monitoring

EarthQuake - Alerts & Monitoring

Aplikasi pendeteksi gempa ini disajikan dengan cukup jelas dan terlihat bagus karena bisa memonitor gempa bumi di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencari acara berdasarkan tanggal dan kata kunci, sekaligus memungkinkanmu bisa melihat daftar kota terdekat ke pusat gempa. Berbagai detail untuk setiap gempa bumi tersedia dan masih banyak lagi.



8. LastQuake

LastQuake

LastQuake merupakan aplikasi gempa resmi dari Pusat Seismologi Euro-Mediterania (CSEM) dan diharapkan mampu untuk mengingatkan pengguna dan mengumpulkan testimoni secara real time. Aplikasi ini juga memberikan tips keamanan pasca gempa dan layanan SMS yang memungkinkan korban memberitahu keluarga ataupun oranglain. 

Aplikasi gempa ini juga menyediakan informasi data real time dan akses ke komentar, foto dan video yang telah disediakan oleh saksi mata.


9. eQuake

eQuake

eQuake merupakan aplikasi peringatan dini gempa. Aplikasi ini menggunakan jaringan sensor seismik untuk mendeteksi gempa bumi. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menggunalan ponselmu sebagai sensor yang berkontribusi pada sistem peringatan gempa Zizmos, yang meningkatkan jangkauan deteksi seismik.

Tak hanya itu, kamu juga akan menemukan peta gempa bumi terbaru di aplikasi ini. Info tersebut dikumpulkan dari basis data USGS.


10. 3D Earthquake

3D Earthquake

Aplikasi gempa 3D Earthquake cukup menarik karena memungkinkan kamu untuk melihat dunia dalam model 3D, kemudian memutarnya untuk melihat area mana saja yang terkena dampak gempa bumi dalam periode waktu tertentu.

Kamu bisa melihat gempa bumi dari jam terakhir, hari, 7 hari dan 30 hari. Aplikasi ini mengumpukan informasi dari USGS dan memungkinkanmu mengetuk label gempa untuk informasi lebih lanjut ataupun untuk tujuan berbagi.


Itu adalah 10 Aplikasi Gempa Andoid Terbaik 2019. Pendeteksi gempa ini bukan hanya cocok untuk tim penanggulangan bencana maupun petugas BMKG saja, tetapi bisa kamu gunakan secara pribadi untuk mengetahui, mengantisipasi sekaligus menyiapkan diri jika sewaktu-waktu gempa bumi terjadi. Semoga artikel Aplikasi Pendeteksi Gempa ini bermanfaat!