Perlukah Pembaruan Perangkat Lunak?, Ini 6 Keuntungannya

Keuntungan Pembaruan Perangkat Lunak. Apakah kamu sering menerika notifikasi pembaruan perangkat lunak pada android?, tentu semua pengguna android pernah menerimanya. Notifikasi yang bisa dibilang sangat menganggu ini ternyata juga bermanfaat bagi sebagian orang, khususnya pengguna Android. Bukan hanya sistem dan fitur, tapi pembaruan perangkat lunak juga menyertakan update versi Android ke tingkat yang lebih tinggi, seperti Kitkat ke Lollipop ataupun Oreo ke Pie. Jarang diperhatikan karena takut akan Dampak Negatif Upgrade Android, melakukan pembaruan perangkat lunak juga membawa beberapa keuntungan.
Keuntungan Pembaruan Perangkat Lunak
Keuntungan yang dimaksud adalah pembaruan perangkat lunak yang diberikan dan disupport oleh pabrikan Android tersebut, sehingga muncul notifikasi berulang kali untuk upgrade sistem android ke versi terbaru. Namun, ada kalanya pembaruan perangkat lunak membawa kerugian jika dilakukan tanpa support dari pabrikan android tersebut.

Tidak sedikit pengguna smartphone ingin selalu androidnya tampak baru, menggunakan versi terbaru, fitur dan sistem terbaru, meski tidak disupport. Kemudian yang dilakukan adalah mengupgrade android secara manual yang katanya dari sumber yang terpecaya. Ya... memang tidak ada salahnya, tetapi juga harus siap jika ada Dampak Upgrade Android yang membuat kinerja ponsel malah menurun. Jadi jangan sembarangan upgrade tanpa diminta pabrikan ponsel tersebut ya guys!.

Tidak perlu risih jika kamu selalu menerima notifikasi pembaruan perangkat lunak. Pembaruan yang direkomendasikan oleh vendor tentu akan menambah kinerja maupun fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya dan tidak akan membawa banyak kerugian seperti jika kamu update android manual. 

Ada beberapa android yang upgradeable ke versi iOS yang lebih tinggi, ada pula yang tidak. Dalam hal ini vendor tentu sudah mempertimbangkan prosesor dan memori RAM. Jika pas-pas'an maka mereka tidak akan merekomendasikan hal tersebut, begitupula sebaliknya. Jadi jangan ragu untuk segera melakukan pembaruan perangkat lunak android kamu, jika sudah ada notifikasi yang disupport dari sang vendor. 

Lalu apa sih keuntungan dari Pembaruan Perangkat Lunak?

Manfaatnye tentu banyak guys. Jika androidmu support untuk pembaruan tapi tidak kamu jalankan, tentu kamu gak bakal dapat versi terbaru dan kinerja ponsel jadi kurang maksimal. Rugi kan?

Daripada kamu bertanya-tanya, berikut manfaat pembaruan perangkat lunak atau keuntungan upgrade android pada smartphone :

Keuntungan Pembaruan Perangkat Lunak

1. Menambal Kekurangan Versi Sebelumnya

Software yang digunakan pada android tentu ada kekurangan sebelumnya. Ketika melakukan pembaruan perangkat lunak, software akan otomatis diperbarui ke sistem terbaru yang lebih sempurna dari sebelumnya. Dalam hal ini bukan hanya sistem yang diupgrade, tetapi juga aplikasi fitur. 

2. Meningkatkan Keamanan

Keamanan itu sangat penting karena smartphone kini sudah menjadi identitas sekaligus rahasia diri penggunanya. Namun bukan sistem keamanan identitas yang dimaksud, tetapi keamanan sistem yang biasanya membuat oknum tertentu melakukan kejahatan.

Misalnya dari aplikasi yang memotong pulsa otomatis di Playstore, google saat ini telah melindungi pasar aplikasi (Google Playstore) dengan system keamanan yang dikasi nama Play Protect yang mampu memindai 50.000.000 aplikasi yang ada di Google Playstore dalam sehari.

Aplikasi yang sering didownload dari playStore atau AppStore juga bisa membayakan, bahkan ada yang sudah diunduh berjuta orang tidak menjamin aman bagi pengguna. Untuk itulah Google dan Apple mengeluarkan patch security secara berkala untuk meningkatkan keamanan dari virus dan hacker.

Lalu kenapa masih terserang virus?. Karena bukan hanya sistem keamanan, virus juga terus berkembang. Untuk itulah kamu perlu upgrade android secara berkala dengan melakukan pembaruan perangkat lunak. Pada android, kamu bisa melihat security patch level di menu setting - about phone.

3. Memperbaiki Bug

Seperti yang dikatakan di awal, bahwa software selalu memiliki kekurangan, untuk itulah meski ponsel sudah rilis, tetap dilakukan pembaruan agar bisa mengeluarkan versi yang terbaru secara berkala. Bug merupakan sebuah kecacatan yang dimiliki oleh sebuah software. Biasanya software yang baru dibuat pasti memiliki banyak bug.

Jadi untuk menghilangkan bug yang ada maka dilakukanlah pembaruan software. Update android ini berguna untuk memperbaiki bug-bug yang ada pada versi sebelumnya dan efeknya akan membuat ponselmu semakin stabil. 

4. Fitur dan Tampilan Baru

Software versi terbaru pasti memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih baik daripada software versi sebelumnya, sekaligus memiliki tampilan baru yang biasanya lebih friendly. Fitur baru ini bisa seperti support pada API tertentu, opsi merubah tampilan UI untuk mempermudah user, atau menambah opsi user untuk berubah tampilan dan lain sebagainya. 

5. Daya Baterai Lebih Hemat

Ada yang mengatakan baterai semakin boros setalah update andoid, tetapi ada juga yang mengatakan baterai semakin hemat setelah pembaruan perangkat lunak. Daya baterai yang semakin hemat terjadi karena sistem yang telah diperbaharui lebih sempurna dan stabil.

6. Memperbaiki Kualitas

Berkurangnya eror maupun bug tentu akan membuat android lebih nyaman digunakan untuk kegiatan multitasking, gaming dan sebagainya. Keuntungan pembaruan perangkat lunak ini tentunya akan memperbaiki kualitas smartphone kamu. Apalagi, pembaruan iOS android ke versi lebih tinggi juga memiliki keuntungan masing-masing yang akan menambah kinerja, fitur serta kualitas smartphone kamu. 

Keuntungan Pembaruan Perangkat Lunak

Kalau tidak ingin melakukan update android?

Tidak masalah. Pembaruan perangkat lunak adalah pilihan yang bisa kamu pilih atau dibiarkan. Meski kamu tidak ingin upgrade android ke versi terbaru, tetap tidak akan merusak ponsel ataupun sistem android, karena pilihan pembaruan ada pada kamu sebagai pengguna smartphone tersebut. 

Tidak melakukan update sistem secara berkala juga tidak akan mengganggu sistem kerja secara keseluruhan, karena sebelum dipasarkan, produk sudah ditanam OS default dengan serangkaian test yang ketat. Jadi semua terserah pada pilihanmu guys!

Itu adalah 6 keuntungan pembaruan perangkat lunak yang segnifikan pada smartphone. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal diatas untuk melakukan update android jika risih dengan notifikasi yang justru membawa banyak manfaat. Tetap ingat ya guys bahwa keuntungan update android yang sudah disebutkan diatas tidak berlaku bagi kamu yang melakukan pembaruan perangkat lunak asal-asal'an atau tanpa support dari vendor.